Senin, 23 Juni 2014

SELALU BERPEGANG PADA FIRMAN (Ulangan 17:18-20)

Bahan Alkitab      : Ulangan 17:18-20
Tema                   : SELALU BERPEGANG PADA FIRMAN
Ayat Indah           : Efesus 2:22              
“Di dalam Dia kamu juga turut dibangunkan men-jadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh.
NILAI KRISTIANI MELALUI PELAJARAN HARI INI
Menolong anak:
- Supaya setiap Anak Sekolah Minggu mengerti bahwa Allah yang memilih para pemimpin.
- Supaya setiap Anak Sekolah Minggu mengerti bahwa Firman Tuhan adalah dasar kehidupan orang percaya.
- Supaya setiap Anak Sekolah Minggu mengerti bahwa berpegang pada firman adalah jaminan pemeliharaan Tuhan.
URAIAN PELAJARAN HARI INI
Pengantar dan Keterangan Nas
Bangsa Israel diceritakan akan memasuki Tanah Kanaan, mereka sudah berada di tepian Sungai Yordan, di seberang sungai tersebut telah tampak Tanah yang dijanjikan Allah kepada mereka. Setelah 40 tahun mereka berada di perjalanan, berangkat dari Per-budakan di Tanah Mesir, 40 tahun mereka menjadi bangsa yang berpindah-pindah tempat (pengembara), sekarang mereka akan segera memiliki tempat menetap untuk berdiam.

Musa, pemimpin bangsa itu selama di perjalanan telah berumur 120 tahun. Musa sendiri memang telah mengetahui bahwa karena dosa yang telah ia lakukan maka ia tidak diperkenankan masuk oleh Tuhan ke Tanah Kanaan tersebut (lihat apa itu dosa yang dilakukan oleh Musa dalam Bilangan 20:12). Sehingga sebelum ia memberikan tongkat kepemimpinan kepada penerusnya, bernama Yosua (lihat pada Ulangan 31:1-8), maka Musa merasa penting sekali untuk mem-berikan peraturan, atau lebih tepatnya memberikan nasehat-nasehat kepada bangsa tersebut supaya bagaimana bersikap hidup setelah mereka nantinya berada di Tanah Kanaan.
Karena mereka akan mendiami suatu wilayah/teritorial, Musa membayangkan bahwa suatu waktu mereka akan membutuhkan/menginginkan seorang raja seperti halnya yang dimiliki oleh bangsa-bangsa yang lainnya. Oleh karena itu, raja yang akan memimpin mereka itu harus memiliki keistimewaan dibandingkan oleh raja-raja bangsa lain. Raja tersebut haruslah merupakan pilihan Tuhan serta diperkenankan oleh Tuhan (lihat ayat 15), dan memiliki etika/ perilaku hidup yang baik (lihat ayat 16-17). Tetapi hal yang penting lainnya supaya kehidupannya dan kehidupan bangsa tersebut dipelihara oleh Tuhan adalah bahwa ia juga harus menjadikan Firman Tuhan sebagai sumber kehidupannya, merenungkan dan melakukan Firman tersebut (ayat 18-20). Dalam segala tindakan dan keputusannya bahwa Firman tuhan sajalah yang menjadi pedoman dan dasarnya, bukan keinginan diri sendiri. Takut akan Tuhan itu berarti bahwa kehadirannya harus menjadi berkat bagi setiap rakyat dan bangsanya. Hanya dengan itulah maka pemeliharaan Tuhan hadir dalam dirinya.
Penutup
Buat Guru Sekolah Minggu, anak-anak dapat diarahkan untuk memiliki rasa “cinta” terhadap Kitab Suci sebagai Firman Tuhan yang telah dianugerahkan buat kita umat-Nya. Rasa cinta itu mungkin dapat dipupuk dengan mengajak mereka membaca atau menghafalkan ayat-ayat yang menarik buat mereka dan mudah dihafalkan.
Mereka juga harus mengerti bahwa dengan ber-pedoman pada Firman Tuhan tersebut maka hidup mereka akan senantiasa berada di bawah pemeliharaan Tuhan.
Lagu: “Baca Kitab Suci, Doa Tiap Hari.”


Tidak ada komentar:

Posting Komentar