Senin, 23 Juni 2014

AYAH DAN IBU, I LOVE U... (Amsal 23:22-24)



Bahan Alkitab    :     Amsal 23:22-24
Tema                   :    AYAH DAN IBU, I LOVE U...
Ayat Indah           :     Amsal 6:20
Hai anakku, peliharalah perintah ayahmu, dan janganlah menyia-nyiakan ajaran ibumu.
NILAI KRISTIANI MELALUI PELAJARAN HARI INI
Menolong anak:
- Mencintai Tuhan dengan mencintai ayah dan Ibu.
- Mengerti bagaimana mencintai Ayah dan Ibu.
- Mengerti bahwa berperilaku baik, belajar keras, dan rajin berdoa adalah cara terbaik mencintai Ayah dan Ibu.
URAIAN PELAJARAN  HARI INI
Tidak semua orang beruntung dapat mengenal dan merasakan kasih dari sosok Ayah dan Ibu. Coba bayangkan bagaimana saudara-saudara kita yang kurang beruntung itu, yang ada di Panti Asuhan, yang di pinggiran jalan terlantar atau gelandangan, dan banyak alasan lain yang membuat mereka-mereka tidak mendapatkan kasih itu.
Bukankah bila kita membandingkan diri kita dengan mereka itu telah membuat kita menyadari bahwa kita ini yang masih sempat merasakan kasih Ayah dan Ibu adalah anak-anak yang sangat beruntung? Oleh karena itu layaklah kita bersyukur kepada Tuhan atas anugerah tersebut.

Anak-anak tentunya diajarkan untuk hidup mengasihi Tuhan. Mengasihi Tuhan tentu sekali ada banyak cara untuk mengekspresikannya. Salah satu cara yang palin sederhana, namun juga paling indah, untuk mencintai Tuhan adalah dengan cara mencintai ayah dan ibu kita. Mengasihi kedua orang tua kita. Pertanyaannya, bagaimanakah cara mencintai kedua orang tua kita tersebut?
Mendengarkan apa yang mereka ucapkan (ayat 22a). Tentu apa yang ayah dan ibu nasehatkan adalah demi kebaikan anak-anaknya. Jadi penting sekali untuk mendorong anak-anak sering bertanya dan berkomunikasi dengan orang tua mereka.
Menghargai keberadaan orang tua kita (ayat 22b). Bukankah banyak anak-anak yang malu terhadap keberadaan orang tuanya? Misalkan atas pekerjaan, kondisi kesehatan, usia, atau fisik orang tuanya. Sehingga dengan demikian anak akan mengerti bahwa dia ada saat ini karena keberadaan orang tuanya tersebut, bagaimana pun keberadaan orang tuanya itu.
Berperilaku baik, belajar keras, dan rajin berdoa (ayat 23) adalah cara-cara sederhana untuk menunjukkan kecintaan anak-anak terhadap orang tuanya. Ingatkan mereka bahwa ayah dan ibu mereka telah berlelah-lelah mencari nafka untuk kebutuhan mereka (bisa diceritakan bagaimana pengorbanan orang tua yang pekerjaannya sebagai supir, petani, polisi, guru, dan sebagainya). Sehingga anak akan menyadari bahwa menyia-nyiakan waktunya untuk hal yang dilarang oleh orang tuanya akan membuat kesedihan di hati mereka. Tidak hanya itu, dapat kita ajarkan setiap anak untuk setiap malam sebelum tidur untuk selalu menyertakan ayah dan ibu dalam isi doa mereka.
Penutup
Mintakan anak untuk menunjukkan sikap kecintaannya kepada orang tua mereka dengan bahasa verbal sekalipun, setidaknya ketika pulang ibadah Sekolah Minggu sesampai di rumah anak-anak akan segera mendekati orang tua mereka dan berbisik dengan rasa cinta berkata: Ayah dan Ibu, I Love U...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar