Sabtu, 28 November 2015

AYO BERSUKA MERAYAKAN NATAL...!!!



Bahan Alkitab    :     Lukas 2:1-14
Tema                   :     AYO BERSUKA MERAYAKAN NATAL...!!!
Ayat Indah         :     Lukas 2:14
      “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi, dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.”

NILAI KRISTIANI MELALUI PELAJARAN HARI INI
Menolong anak:
 Menyadari bahwa Yesus telah lahir.
 Mengerti makna dari kedatangan Yesus ke dunia.
 Mengerti bagaimana menjadikan hati sebagai tempat kelahiran Yesus.

URAIAN PELAJARAN HARI INI
Pada ratusan tahun sebelum Tuhan Yesus lahir, orang Israel telah dijanjikan Allah akan diberikan seorang Mesias yang akan memerintah mereka dan menyelamatkan seluruh manusia. Setelah menanti sekian lama, kelahiran yang dinantikan itu datang juga. Pada waktu Tuhan Yesus lahir, yang memerintah kekaisaran Romawi (bangsa yang menjajah Israel ketika itu) adalah Kaisar Agustus, dan ia memerintahkan kepada setiap keluarga untuk kembali ke tanah keluarga masing-masing, untuk memermudah melakukan Sensus Penduduk kepada rakyatnya. Dan Yusuf pun membawa Maria (isterinya yang sedang me-ngandung) ke kota kecil Bethlehem, tanah leluhur Yusuf.

Sesampainya di sana, karena ketika itu begitu banyak orang yang kembali ke Bethlehem maka Yusuf dan Maria tidak mendapatkan kamar penginapan, padahal ketika itu Maria sudah sangat ingin melahirkan. Maka karena tidak ada kamar yang dapat dijadikan tempat untuk bersalin, Yusuf membawa Maria ke sebuah kandang domba dan membantu Maria melahirkan di sana. Singkat cerita, Bayi Yesus pun lahir dan dibaringkan di dalam palungan (tempat makanan ternak).
Pada malam itu juga ketika para gembala sedang tidur di padang Efrata, malaikat Tuhan menghampiri mereka dan berkata bahwa telah lahir Juruselamat yang selama ini telah dinanti-nantikan itu, untuk menyelamatkan seluruh bangsa. Bala tentara sorga juga dengan nyaring menyanyikan: “Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi, dan damai sejahtera di bumi di antara manusia yang berkenan kepada-Nya.” Tuhan Yesus telah lahir, dan manusia dilepaskan dari keberdosaan.
Guru Sekolah Minggu dapat mengajarkan peristiwa kelahiran Tuhan Yesus ini dengan membuat fragmen (drama) sederhana dengan menunjuk dan menentukan pemeran tokoh-tokoh penting peristiwa Natal: Yusuf, Maria, para gembala, malaikat, dan bala tentara sorga. Hal ini penting supaya Anak Sekolah Minggu dapat membayangkan peristiwa Natal itu dan merekam gambaran visual Natal.
Setelah itu cobalah untuk mengkomunikasikan bagaimana besarnya sukacita bila dosa dihapuskan melalui kelahiran Yesus (dan tentunya boleh dihubungkan dengan karyanya yang lain, khususnya kematian-Nya kelak pada peristiwa Paskah). Pengkomunikasian ini misalnya dengan membandingkan dengan sukacita Anak Sekolah Minggu bila mendapatkan hadiah, diajak orang tua berjalan-jalan/bertamasya, dan sebagainya, tetapi mengetahui bahwa Tuhan Yesus telah datang dan melepaskan manusia dari dosa adalah sukacita yang melebihi sukacita yang ada. Ayo bersuka merayakan Natal...!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar