Kamis, 02 April 2020

Ibadah Minggu di Rumah 05 April 2020


GEREJA PROTESTAN PERSEKUTUAN (GPP)
Jemaat Siaro, Resort Tapanuli Utara I
Acara Ibadah Minggu di Rumah (Bahasa Indonesia)
Minggu Palmarum (Palem), 05 April 2020
 

Tema: Sambutlah Rajamu Datang!
Persiapan
1.    Dipersiapkan 2 atau 3 Petugas Ibadah:
-  Pemimpin Ibadah, Pembaca Nas, dan Pembaca Narasi Khotbah.
-  Pemimpin Nyanyian.
-  Pembawa Doa Syafaat (bisa dirangkap oleh Pemimpin Ibadah atau Nyanyian).
2.    Alkitab dan Kidung Jemaat.
Ibadah
------ Saat Teduh ------
1.    Pengantar Ibadah
Keluarga yang dikasihi oleh Tuhan, saat ini kita bersekutu di rumah ini karena mensyukuri setiap anugerah yang Tuhan telah berikan bagi keluarga kita, bagi gereja Tuhan dan bagi dunia ini. Minggu ini adalah pekan terakhir sebelum hari Peringatan Jumat Agung, puncak penderitaan dan pengorbanan Tuhan Yesus Yang Agung. Minggu Palmarum (Palem) merupakan persiapan bagi setiap umat-Nya untuk merayakan kemenangan dari kegelapan dosa, Palem adalah lambang kemenangan! Bersama seluruh orang percaya, marilah kita eluk-elukkan Dia Sang Raja Yang Agung!

2.    Bernyanyi KJ No. 10:1,3  “Pujilah Tuhan, Sang Raja”
Pujilah Tuhan, Sang Raja yang Maha mulia, segenap hati dan jiwaku pujilah Dia.
Datang bekaum, b’ri lah musik mu bergaung, angkatlah puji-pujian.
Pujilah Tuhan yang bijak menggubah tubuhmu, dalam kasih-Nya seluruh hidupmu tertuntun. Hatimu tahu: berulang kali engkau, oleh sayap-Nya terlindung.


3.    Doa Pembuka (P: Pemimpin, K: Keluarga)
P
:
Kami berseru kepada-Mu ya Kristus Yesus, Tuhan kami! Engkau yang hadir di setiap hari perjalanan hidup kami, memberkati dan selalu melindungi.
K
:
Terpujilah nama-Mu oleh karena kasih setia-Mu!
P
:
Engkau yang telah memikul setiap beban dosa hingga berakhir di kayu salib oleh karena aib dan nista yang melekat pada diri kami.
K
:
Terpujilah nama-Mu kudus, bilur-bilur-Mu Tuhan telah menyembuhkan kami.
P
:
Engkau juga yang selalu menguatkan dunia ini dalam situasi yang tidak mudah akhir-akhir ini, Roh-Mu yang selalu menghidupkan pengharapan di hati kami.
K
:
Kasihanilah kami ya Tuhan. Lepaskanlah kami dari tangan musuh dan orang-orang yang mengejar serta mengancam hidup kami.
P
:
Marilah kita berdoa:
Tuhan, janganlah biarkan kami mendapatkan malu, luputkanlah kami oleh karena keadilan-Mu. Luka dan kematian-Mu telah menyembukan penyakit kami. Terimalah pujian dan syukur kami di tengah himpitan dan pergumulan yang dihadapi dunia saat ini. Terimalah nyanyian dan doa-doa kami dalam kelemahan serta kesesakan hidup yang selalu mendera. Amin.

4.    Bernyanyi KJ No. 26:1,4  “Mampirlah, Dengar Doaku”
Mampirlah dengar doaku, Yesus Penebus. Orang lain Kauhampiri jangan jalan t’rus.
Yesus, Tuhan, dengar doaku; Orang lain Kauhampiri, jangan jalan t’rus.
Kaulah sumber penghiburan, Raja hidupku. Baik di bumi baik di sorga, siapa bandingMu? Yesus, Tuhan, dengar doaku; Orang lain Kauhampiri, jangan jalan t’rus.

5.    Pengakuan Dosa
Keluarga yang dikasihi oleh Tuhan, sekarang saatnya kita mengakui setiap dosa yang telah kita lakukan dan yang membuat kita malu berdiri di hadapan-Nya yang kudus. Memohon ampunlah kepada Tuhan, mintalah belas kasihan-Nya. Marilah kita merendahkan hati untuk meminta pengampunan Tuhan. Kita bernyanyi dengan rasa penyesalan Nyanyian KJ No. 33: 1-2 “Suaramu kudengar” (dinyayikan dengan setengah suara)
SuaraMu kudengar, memanggil diriku, supaya ‘ku di Golgota dibasuh darah-Mu! Aku datanglah, Tuhan, pada-Mu; Dalam darah-Mu kudus, sucikan diriku.
Kendati ‘ku lemah, tenaga Kauberi; Kauhapus aib dosaku, hidupku pun bersih. Aku datanglah, Tuhan, pada-Mu; Dalam darah-Mu kudus, sucikan diriku.

Marilah kita mendengar penghiburan tentang pengampunan dosa kita: Demi Aku yang hidup, demikianlah firman Tuhan ALLAH, Aku tidak berkenan kepada kematian orang fasik , melainkan Aku berkenan kepada pertobatan orang fasik itu dari kelakuannya supaya ia hidup (Yehezkiel 33:11a).
Kemuliaan bagi Allah di tempat yang maha tinggi. Amin.

6.    Bernyanyi KJ No. 344:1  “Ingat akan Nama Yesus”
Ingat akan nama Yesus, kau yang susah dan sedih: Nama itu menghiburmu k’mana saja kau pergi. Indahlah nama-Nya, pengharapan dunia! Indahlah nama-Nya, suka sorga yang baka!

7.    Doa Syafaat
Topik doa:   1. Pemerintah yang berjuang menghentikan penyebaran virus Corona
                          2. Tenaga Medis (kesehatan) dan Ilmuwan peneliti vaksin virus Corona
                          3. Pasien virus Corona dan keluarga mereka
                          4. Jemaat yang sedang sakit dan pergumulan keluarga masing-masing

8.    Bernyanyi KJ No. 364:1  “Berserah kepada Yesus”  
(Menyiapkan hati dan pikiran untuk mendengarkan Firman Tuhan)
Berserah kepada Yesus tubuh, roh dan jiwaku; kukasihi, kupercaya, kuikuti Dia t’rus. Aku berserah, aku berserah; kepadaMu, Jurus’lamat, aku berserah!

9.    Renungan: Yohanes 12:12-19 (dapat dibaca dalam lampiran Renungan)
                                                              
10.    Bernyany KJ No. 410:1,3  “Tenanglah kini hatiku”
Tenanglah kini hatiku: Tuhan memimpin langkahku. Di tiap saat dan kerja tetap kurasa tangan-Nya. Tuhanlah yang membimbingku; tanganku dipegang teguh. Hatiku berserah penuh; tanganku dipegang teguh.
Tak kusesalkan hidupku, betapa juga nasibku, sebab Engkau tetap dekat, tangan-Mu kupegang erat. Tuhanlah yang membimbingku…          

11.    Doa Penutup
Keluarga yang dikasihi oleh Tuhan, saatnya kita akan mengakhiri Ibadah Minggu di Rumah kali ini, marilah kita berdoa: Ya, Tuhan Allah, kami mengakui bahwa setiap hari ada banyak berkat yang telah Engkau berikan, dan kami tetap bermohon perlindungan-Mu selalu di dalam kehidupan kami. Berbelaskasihanlah pada bumi ini. Peliharalah setiap hati, pikiran, perkataan, pandangan, pendengaran, dan seluruh indera kami untuk tetap di jalan-Mu yang benar. Jadikanlah kami sebagai saluran berkat Tuhan bagi siapapun yang membutuhkan. Biarlah kasih karunia-Mu hadir dan mengalir melalui hidup dari setiap kami yang menyembah-Mu saat ini.  Amin.
Marilah kita bersama mengucapkan doa Bapa Kami: Bapa kami yang di sorga …

(Bila ada pelayan tahbisan boleh ditutup dengan doa berkat, tetapi bila tidak ada bisa diakhiri dengan bernyanyi KJ No. 350:1 “O, Berkati Kami”: O, berkati kami dan lindungi kami. Tuhan b’rilah rahmat-Mu, oleh sinar wajah-Mu!).

Pendeta dan Parhalado GPP Siaro mengucapkan Selamat Hari Minggu, dan Selamat Ulang Tahun kepada Anggota Jemaat dan Parhalado yang berulang tahun dalam Minggu ini
                                                                       Tuhan memberkati kita
Untuk selalu diingat:
v  Tetaplah di Rumah/ Stay at Home
v  Jaga jarak satu dengan yang lain/ Social Distancing (Physical Distancing)
v  Upayakan menjauhi keramaian atau kerumunan
v  Bersihkan tangan secara rutin
v  Hindari menyentuh wajah, hidung, dan mulut
v  Gunakan masker bila diperlukan   
v  Perkuat imunitas (daya tahan tubuh) dengan makanan dan pola hidup sehat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar