Kamis, 23 Oktober 2014

TUHANKU HEBAT, KARENANYA KUPUJI DIA..!!!! (Mazmur 104:24-30)



Bahan Alkitab      :     Mazmur 104:24-30
Tema                   :     TUHANKU HEBAT, KARENANYA KUPUJI DIA..!!!!
Ayat Indah           :     Lukas 17:19
“...imanmu telah menyelamatkan engkau.”
NILAI KRISTIANI MELALUI PELAJARAN HARI INI
Menolong anak:
v Anak Sekolah Minggu mengetahui apa yang telah diperbuat Allah pada masa penciptaan.
v Anak Sekolah Minggu mengetahui pemeliharaan Allah terhadap apa yang telah diciptakan-Nya.
v Anak Sekolah Minggu mengerti untuk mengucap syukur terhadap apa yang telah Allah perbuat.
URAIAN PELAJARAN  HARI INI
Dulu, bangsa-bangsa Timur, termasuk nenek moyang kita begitu takutnya melihat fenomena-fenomena alam yang tidak biasa terjadi. Misalnya bila terjadi gerhana matahari atau bulan, gempa bumi, perubahan warna air di sungai, sampai kepada hujan yang berkepanjangan sekalipun. Nenek moyang kita gentar sekaligus beranggapan bahwa itu semua terjadi karena ada kekuatan lain yang sedang murka, dalam hal ini mereka sebut sebagai Dewa. Semuanya ini digerakkan oleh para Dewa dan manusia hanya bisa menerima dengan pasrah saja.

Kita beruntung sekali, bahwa saat ini kita menjadi anak-anak yang telah mendapatkan anugerah mengenal Tuhan yang sesungguhnya, yang kuat dan kuasanya melebihi pengertian nenek moyang kita terhadap dewa yang mereka percayai itu. Tuhan kita sembah adalah Dia yang telah menciptakan bumi dan segala isinya dengan kebijaksanaan yang tak tertandingi (ayat 24). Coba lihat bagaimana indahnya Tuhan meletakkan bukit yang berbaris-baris, bahkan lembah yang sejuk.
Demikian pula dengan ciptaan Tuhan berupa lautan yang luas (ayat 25). Pernakah kita mendengar bahwa kita akan kesulitan mengkonsumsi ikan hanya karena persediaan ikan di laut habis? Pasti tidak, bukan? Karena Tuhan telah mencukupkannya bagi seluruh isi dunia ini.
“Dunia ini cukup untuk kita semua, namun ia tidak cukup bagi seorang yang tidak mampu bersyukur”. Demikian ucapan seorang pendeta terkenal dari Eropah. Ia mengajak kita untuk menyadari bahwa tidak ada seorang pun di muka bumi ini yang bukan dari Tuhan asalnya dan Tuhan juga dengan penuh kasih memelihara setiap siapa yang Dia ciptakan. Tidak ada seorang pun anak-anak-Nya yang terlepas dari pemeliharaan Tuhan, sejak dari mulanya. Sehingga dengan demikian layaknyalah setiap kita selalu memuji-muji setiap perbuatan-Nya yang sungguh luar biasa itu.
Ayo kita mulai menghitung berkat pemeliharaan Tuhan sejak pagi: kita dibangunkan pagi hari, diberi air segar untuk mandi pagi, pakaian yang baik, diberikan sarapan, dihantarkan ke sekolah, diberi Guru untuk mengajari kita, teman-teman yang baik, dan seterusnya, sampai kita terlelap kembali tertidur di malam harinya. Apakah semuanya itu karena kebaikan kita? Tentunya bukan, itu karena Tuhan kita hebat dan selalu penuh kasih terhadap anak-anak-Nya. Oleh karenanya, sudah slayaknya jugalah kita menunjukkan syukur kita kepada Tuhan itu melalui pujian-pujian dan perbuatan baik terhadap orang tua dan teman-teman kita. Lebih bermurah hati, disiplin, dan tentunya: Rajin ke Gereja.
Penutup
Guru Sekolah Minggu untuk Kelompok Sekolah Minggu yang lebih tinggi (kelas 4-6 SD) bisa menghantarkan renungan ini dengan menguji daya ingat mereka tentang urutan penciptaan pada Kejadian 1, lalu mencari tahu daya nalar mereka mengapa manusia diciptakan pada hari yang terakhir?
Untuk kelompok Sekolah Minggu yang lebih kecil, pengenalan visual pasti sangat membantu mereka. Misalnya ditanyakan sebuah obyek Wisata Alam yang indah, yang kira-kira beberapa di antara mereka pernah ke sana. Atau mungkin yang palin sederhana, Guru Sekolah Minggu menunjukkan sekuntum bunga yang indah kepada mereka, lalu ajak mereka mengaguminya, selanjutnya mengagumi Tuhan yang menciptakan bunga tersebut.    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar